Karakteristik Perkembangan Peserta
Didik Anak Sekolah Dasar
Secara garis besarnya, aspek-aspek perkembangan meliputi
perkembangan fisik-motorik dan otak, perkemabangan kognitif, dan perkembangan
sosial emosiaonal. Masing-masing aspek perkembangan dihubungkan dengan
pendidikan, sehingga para guru diharapkan mampu memberikan layanan pendidikan
atau mengembangkan strategi pembelajaran yang relevan dengan karakteristik
perkembgangan tersebut.
Adapun pengertian karakteristik perkembangan pada peserta didik
merupakan seluruh kondisi/keadaan watak
yang nyata dan timbul dalam suatu tindakan siswa dalam kehidupannya setiap saat
dalam kehidupan sehari-hari. Dengan demikian, watak dan perbuatan manusia tidak
akan lepas dari kodrat dan sifat serta bentuknya yang berbeda-beda, sehingga
tidak heran jika bentuk dan karakter siswa juga berbeda-beda.
Ada beberapa karakteristik anak usia sekolah dasar yang
perlu diketahui para guru, agar guru tersebut lebih mengetahui keadaan peserta
didiknya. Guru harus dapat menerapakan metode pengajaran yang sesuia dengan
keadaan siswanya, maka sangatlah penting bagi seorang guru untuk mengetahui
karakteristik siswanya, selain karakteristik hal yang perlu diperhatikan juga
adalah kebutuhan psikologisnya. Adapun karakteristik dan kebutuhan perserta
didik adalah sebagai berikut:
o
Senang
Bermain
o
Senang
bergerak
o
Anak
senang bekerja dalam kelompok
o
Senang
merasakan atau melakukan, memperagakan sesuatu secara langsung
o
Anak
suka cengeng
o
Anak
sulit memahami isi pembicaraan orang lain
o
Senang
diperhatikan
o
Senang
meniru
Seperti
yang kita ketahui bahwa setiap anak memiliki fase/tahap dan ciri perkembangan
yang berbeda-beda antara anak yang satu dengan anak yang lain. Sehingga selaku
guru atau calon guru kita harus mengetahui karakteristik psikologis
perkembangan anak di usia sekolah dasar, agar guru atau calon guru tersebut
lebih mengetahui keadaan peserta didik, khususnya di tingkat sekolah dasar.
Selain perkembangan psikologi, yang perlu diperhatikan juga adalah kebutuhan
peserta didik, dan tugas-tugas perkembangannya. Peserta didik di tingkat
sekolah dasar dapat dijadikan sebagai titik awal untuk menentukan tujuan
pendidikan di sekolah dasar, dan untuk menentukan waktu yang tepat dalam
memeberikan pendidikan yang sesuai dengan kebutuhan perkembangan anak itu
sendiri.
Sumber, Hosnan,
M. 2016. Psikologi Perkembangan Peserta
Didik. Bogor: Ghalia Indonesia
Tidak ada komentar:
Posting Komentar