Rabu, 14 Desember 2016

Karakteristik Perkembangan Peserta Didik Anak Sekolah Dasar



Karakteristik Perkembangan Peserta Didik Anak Sekolah Dasar

Secara garis besarnya, aspek-aspek perkembangan meliputi perkembangan fisik-motorik dan otak, perkemabangan kognitif, dan perkembangan sosial emosiaonal. Masing-masing aspek perkembangan dihubungkan dengan pendidikan, sehingga para guru diharapkan mampu memberikan layanan pendidikan atau mengembangkan strategi pembelajaran yang relevan dengan karakteristik perkembgangan tersebut.
Adapun pengertian karakteristik perkembangan pada peserta didik  merupakan seluruh kondisi/keadaan watak yang nyata dan timbul dalam suatu tindakan siswa dalam kehidupannya setiap saat dalam kehidupan sehari-hari. Dengan demikian, watak dan perbuatan manusia tidak akan lepas dari kodrat dan sifat serta bentuknya yang berbeda-beda, sehingga tidak heran jika bentuk dan karakter siswa juga berbeda-beda.
Ada beberapa karakteristik anak usia sekolah dasar yang perlu diketahui para guru, agar guru tersebut lebih mengetahui keadaan peserta didiknya. Guru harus dapat menerapakan metode pengajaran yang sesuia dengan keadaan siswanya, maka sangatlah penting bagi seorang guru untuk mengetahui karakteristik siswanya, selain karakteristik hal yang perlu diperhatikan juga adalah kebutuhan psikologisnya. Adapun karakteristik dan kebutuhan perserta didik adalah sebagai berikut:
o   Senang Bermain
o   Senang bergerak
o   Anak senang bekerja dalam kelompok
o   Senang merasakan atau melakukan, memperagakan sesuatu secara langsung
o   Anak suka cengeng
o   Anak sulit memahami isi pembicaraan orang lain
o   Senang diperhatikan
o   Senang meniru
Seperti yang kita ketahui bahwa setiap anak memiliki fase/tahap dan ciri perkembangan yang berbeda-beda antara anak yang satu dengan anak yang lain. Sehingga selaku guru atau calon guru kita harus mengetahui karakteristik psikologis perkembangan anak di usia sekolah dasar, agar guru atau calon guru tersebut lebih mengetahui keadaan peserta didik, khususnya di tingkat sekolah dasar. Selain perkembangan psikologi, yang perlu diperhatikan juga adalah kebutuhan peserta didik, dan tugas-tugas perkembangannya. Peserta didik di tingkat sekolah dasar dapat dijadikan sebagai titik awal untuk menentukan tujuan pendidikan di sekolah dasar, dan untuk menentukan waktu yang tepat dalam memeberikan pendidikan yang sesuai dengan kebutuhan perkembangan anak itu sendiri.

Sumber, Hosnan, M. 2016. Psikologi Perkembangan Peserta Didik. Bogor: Ghalia Indonesia

Tidak ada komentar:

Posting Komentar