Jumat, 23 Desember 2016

Guru Profesioanal yang Efektif



Guru Profesioanal yang Efektif

Guru efektif adalah guru yang mampu membawa siswanya dengan berhasil mencapai tujuan pemebelajaran. Mengajar di depan kelas merupakan perujudan interaksi dalam proses komunikasi. Menjadi guru professional adalah keniscayaan. Profesi guru juga sangat lekat dengan Integritas dan personality, bahkan identic dengan citra kemanusiaan. Kerena ibarat sebual laboratorium, seorang guru seperti ilmuan yang sedang bereksperimen terhadap nasib anak manusia dan juga suatu bangsa. Jika seorang guru tidak memiliki integritas keilmuan dan personality yang mumpuni, mka bangsa ini tidak akan memiliki masa depan yang baik.
Semua orang mungkin bisa menjadi guru, tetapi menjadi guru yang memiliki keahlian dalam pendidik maka perlu adanya sebuah pendidikan, pelatihan dan jam terbang yang memadai. Dalam konteks tersebut menjadi guru profesioanl setidaknya memiliki standar minimal berikut:
a.       Memiliki kemampuan inteltual yang baik
b.      Memiliki kemampuan memahami visi dan misi pendidikan nasional
c.       Mempunyai keahlian mentransfer ilmu pengetahuan kepada siswa secara efektif.
d.      Memahami konsep perkembangan psikologi anak
e.       Memiliki kemapuan mengorganisir dan proses belajar.
f.       Memiliki kreaktifitas dan seni mendidik.
Profesi guru sangat identik dengan peran mendidik seperti membimbing, membina, mengasuh, ataupun mengajar. Ibarat seperti sebuah contoh lukisan yang akan dipelajari oleh anak didiknya. Baik buruk hasil lukisan tersebut tergantung pada contoh yqang diberikan oleh sang guru sebagai sosok yang di gugu dan ditiru. Melihat peran tersebut , sudah menjadi kemutlakan bahwa guru harus memiliki integritas dan keperibadian yang baik dan benar. Hal ini sangat mendasar karenag tugas guru bukan hanya mengajar, tetapi juga menanampak nilai-nilai dasar penegmbanagn karakter peserta didik. Selain itu seorang guru dituntut untuk meiliki tiga kemampuan, perta yaitu kemampuan kognitif,  berati seorang guru kedua kemampuan  afektif.
 Sumber, M, Hosnan. 2016. Etika Profesi Pendidik. Bogor: Ghalia Indonesia

Tidak ada komentar:

Posting Komentar