Hubungan Filsafat Dengan Pendidikan
Pandangan filsafat
pendidikan sama pernaannya dengan landasan filosofis yang menjiwai seluruh
kebijaksanaan pelaksanaan pendidikan. Antara filsafat dan pendidikan terdapat
kaitan yang sangat erat. Filsafat mencoba merumuskan citra tentang manusia dan
masyarakat, sedangkan pendidikan berusaha mewujudkan citra tersebut. Formula
tentang hakekat dan martabat manusia serta masyarakat terutama di Indonesia
dilandasi oleh filsafat yang yaitu Pancasila. Pancasila merupakan sumber dari
segala gagasan mengenai wujud manusia dan masyarakat yang dianggap baik, sumber
dari agama sumber yang mejadi pangkal serta muara dari setiap keputusan dan
tindakan dalam pendidikan dan pembelajaran.
Filsafat mengadakan
tinjauan yang luas mengani realita, maka dikupaslan antara lain pandangan dunia
dan pandangan hidup. Konsep-konsep mengenai ini dapat menjadi landasan
penyusunan konsep tujuan dan metodologi pendidik. Disamping itu, pengalaman
pendidik dalam menuntut pertumbuhan dan perkembangan anak akan berhubungan dan
berkenalan dengan realita. Semuanya itu dapat disampaikan kepada flsafat untuk
dijadikan bahan-bahan pertimbangan dan tinjauan untuk memperkembangkan diri.
Hubungan filsafat dengan filsafat pendidikan dapat dirumuskan sebagai berikut :
1)
Filsafat mempuyai
objek lebih luas, sifatnya universal. Sedangkan filsafat pendidikan objeknya
terbatas dalam dunia filsafat pendidikan saja
2)
Filsafat hendak
memberikan pengetahuan/ pendiidkan atau pemahaman yang lebih mendalam dan
menunjukkan sebab-sebab, tetapi yang tak begitu mendalam
3)
Filsafat memberikan
sintesis kepada filsafat pendidikan yang khusus, mempersatukan dan
mengkoordinasikannya
4)
Lapangan filsafat
mungkin sama dengan lapangan filsafat pendidikan tetapi sudut pandangannya
berlainan
Brubacher (1950)
mengemukakan tentang hubungan antara filsafat dengan filsafat pendidikan, dalam
hal ini, pendidikan : bahwa filsafat tidak hanya melahirkan sains atau
pengetahuan baru, melainkan juga melahirkan filsafat pendidikan. Filsafat
merupakan kegiatan berpikir manusia yang berusaha untuk mencapai kebijakan dan kearifan.
Sedangkan filsafat pendidikan merupakan ilmu ayng pada hakekantya jawaban dari
pertanyaan-pertanyaan yang timbul dalam lapangan pendidkan. Oleh karen bersifat
filosofis, dengan sendirinya filsafat pendidikan ini hakekatnya adalah
penerapan dari suatu analisa filosofis terhadap lapangan pendidikan.
Hubungan filsafat dengan filsafat pendidikan dapat
dirumuskan sebagai berikut:
o
Filsafat mempuyai
objek lebih luas, sifatnya universal. Sedangkan filsafat pendidikan objeknya
terbatas dalam dunia filsafat pendidikan saja
o
Filsafat hendak memberikan pengetahuan/
pendiidkan atau pemahaman yang lebih mendalam dan menunjukkan sebab-sebab,
tetapi yang tak begitu mendalam
o
Filsafat memberikan
sintesis kepada filsafat pendidikan yang khusus, mempersatukan dan
mengkoordinasikannya
o
Lapangan filsafat
mungkin sama dengan lapangan filsafat pendidikan tetapi sudut pandangannya
berlainan
Daftar Pustaka
Anonim. 2008. Beberapa Hubungan Tentang Filsafat. https://van88.wordpress.com
Anonim. 2012. Hubungan Filsafat Dengan Pendidikan. http://stitattaqwa.blogspot.co.id
Tidak ada komentar:
Posting Komentar